Pesona Raja Ampat

Raja Ampat lebih dahulu dikenal oleh wisatawan mancanegara sebelum mulai populer di kalangan wisatawan domestik. Menyimpan sejuta keindahan alam dan kecantikan bawah laut, Raja Ampat juga merupakan salah satu dari 10 situs diving terbaik di dunia, sehingga menjadi tempat wisata idaman para wisatawan Eropa.

Keindahan  dan kekayaan alam menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat yang menembus persaingan dunia pariwisata di Indonesia dan dunia. Kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia. Kabupaten ini memiliki 610 pulau; empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo merupakan pulau besar utama. Dari seluruh pulau yang ada, hanya 35 pulau yang berpenghuni. Pulau lainnya tidak berpenghuni dan sebagian besar belum memiliki nama. Konon dari 610 pulau yang ada di perairan Raja Ampat ini hanya 400 pulau yang baru dieksplorasi. Selebihnya masih sangat perawan. Bisa kamu bayangkan betapa alami dan indahnya Raja ampat ini!

 

Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat. Karena luasnya daerah ini, biaya transportasi pun menjadi mahal. Jika kamu ingin berlibur ke Raja Ampat, sebaiknya bersamaan dengan teman atau keluarga. Karena kalau pergi sendiri, biaya yang kita keluarkan bisa membengkak.

Raja Ampat Papua adalah destinasi impian turis lokal dan mancanegara, karena Raja Ampat merupakan destinasi maritim terbaik di dunia. Keindahan lautnya dan lokasinya yang jauh membuat budget akomodasi pun melambung. Untuk menuju ke sana kita harus melewati Kota Sorong Papua, karena tidak ada penerbangan langsung menuju ibu kota Raja Ampat, Waisai. Setelah tiba di Kota Sorong, kita bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal feri cepat menuju Waisai. Di Waisai keindahan Raja Ampat sudah mulai terlihat, karena kota ini juga merupakan pintu masuk untuk berkeliling Pulau Misool dan Wayag. Untuk mengunjungi kedua pulau tersebut, kita harus menyewa kapala dengan biaya Rp3.000.000 per hari. Oleh karena itulah, lebih baik pergi bersama orang lain supaya biaya tersebut bisa dibagi bersama. Para pasangan juga bisa mengambil paket honeymoon di Misool.

Budget per orang untuk land trip ke Raja Ampat bisa menghabiskan Rp12.000.000, dan untuk diving bisa lebih mahal. Walaupun begitu, biaya tersebut cukup terbayarkan, kok dengan keindahan alam Papua yang begitu cantik. Raja Ampat termasuk kabupaten baru di Indonesia. Wilayah yang terletak terpencil di Papua Barat ini belum berusia 10 tahun. Banyak infrastrukturnya yang belum memadai. Meskipun masih berusia dini, Raja Ampat mampu menyedot wisatawan mancanegara.

Inilah  beberapa destinasi Raja Ampat yang sudah tersohor. Bahkan beberapa tempat sudah mendapat tempat di hati orang-orang terkenal.

1. Pianemo
Keindahan-keindahan Raja Ampat yang Bikin Mata Tak BerkedipPianemo atau sering disebut Painemu adalah kawasan karst berupa gugusan pulau karang yang membentang di lautan. Bahkan disebut, gugusan pulau karang tercantik ketiga di Raja Ampat, setelah Wayag dan Kabui.

Saking cantiknya, Presiden Jokowi yang berkunjung ke sini menjuluki Pianemo sebagai ‘surga kecil’ di Tanah Papua. Tak ketinggalan para pembalap F1 yang baru-baru ini juga berkunjung ke sana. Mereka terpesona oleh keindahan daratan dan bawah laut Raja Ampat!

2. Laguna Bintang

Keindahan-keindahan Raja Ampat yang Bikin Mata Tak BerkedipYang ini namanya Laguna Bintang. Seperti namanya, tempat ini memiliki laguna berwarna hijau toska yang berbentuk seperti bintang. Bukan buatan, ini terbentuk secara alami!

Untuk melihat laguna ini, traveler harus naik ke ke puncak bukit dan melihat bentuk laguna secara utuh. Dari atas puncak, tarveler bisa melihat jernihnya laguna yang dikelilingi dengan tebing. Cantik banget!

Laguna Bintang hanya berjarak 10 menit dari Pianemo dengan menggunakan boat. Yuk!

3. Arborek

Keindahan-keindahan Raja Ampat yang Bikin Mata Tak Berkedip
Coba bayangkan, pantai landai berarus tenang, air laut yang biru dan jernih, hamparan pasir putih yang bersih, dan lambaian pohon kelapa… Semua terasa nyata di Arborek.Menjelajahi Raja Ampat rasanya kurang lengkap tanpa menginjakkan kaki di Arborek. Kenapa Arborek? Bayangan liburan sempurna rasanya menjadi kehidupan sehari-hari di pulau ini.

Itu baru daratan. Kalau bicara bawah laut, rasanya Arborek memang juara. Mendapat gelar sebagai salah satu spot diving terbaik di Raja Ampat, bawah laut Arborek cantik tiada tara. Terumbu karang, ikan-ikan cantik dan pari menjadi keunggulan Arborek.

4. Sawing Rai

Keindahan-keindahan Raja Ampat yang Bikin Mata Tak Berkedip
Di desa ini traveler bisa snorkeling dengan ikan-ikan cantik, bird watching dan melihat budaya-budaya yang ada. Snorkeling menjadi kegiatan favorit di desa ini. Lautnya yang jernih membuat siapa pun bisa melihat ikan-ikan dari permukaan.Bicara pantai dan bawah laut Raja Ampat memang tak ada habisnya. Tak hanya itu, traveler yang ingin merasakan kehidupan di Raja Ampat bisa datang ke Desa Sawing Rai.

Raja Ampat terkenal dengan burung surganya, cendrawasih. Desa ini juga menyediakan atraksi bird watching. Tanpa bantuan teropong, kamu bisa melihat cendrawasih di atas pohon setinggi 2 meter. Namun, hanya waktu-waktu tertentu saja kamu dapat melihat burung ini, yaitu pukul 7-9 pagi, dan pukul 4-5 sore.

5. Misool

Misool, pulau cantik Raja Ampat yang punya banyak kejutan bagi traveler. Seperti pulau-pulau lainnya di Raja Ampat, Misool pun tak kalah cantik dari pianemo, arborek dan lainnya.Selain pamndangan dan bawah laut yang super cantik Misool punya atraksi lain.

Di bawah laut Misool kamu tak hanya bertemu dengan karang dan ikan-ikan cantik, tapi juga hiu berjalan atau kalabia. Kalabia adalah hewan endemik Raja Ampat yang tak bisa kamu temui selain di sini.

Ada pula hiu tanpa sengat seperti yang ada di Pulau Kakaban, Kaltim. 3 di antara 40 danaunya jadi ‘rumah’ bagi ubur-ubur tanpa sengat. Batuan karst dan lukisan purba misterius juga akan kamu temukan di Misool. Kamu bisa melihat langsung lukisan telapan tangan, ikan, perahu dan bentuk lain yang unik di Pulau Sunmalele Atsa.

6. Wayag

Keindahan-keindahan Raja Ampat yang Bikin Mata Tak Berkedip
Berkunjung ke Pulau Wayag, wajib hukumnya untuk mendaki Pulau Karang. Mendaki Pulau Karang menghabiskan waktu selama 30 menit. Begitu sampai, rasa lelah setelah mendaki akan terbayar dengan cantiknya pemandangan. Saking cantiknya, sayang kalau berkedip!Familiar dengan pemandangan pulau karang dan laut yang biru? Ini namanya Pulau Wayag. Gugusan pulau karangnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler.

https://blog.misteraladin.com/keindahan-dan-kekayaan-alam-raja-ampat/?utm_source=socmed&utm_medium=blog&utm_campaign=rajaampat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: